-->
  • Jelajahi

    Copyright © HarianUmmat.com | BERITA ISLAM INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Habib Hasan Baharun Pimpinan Ponpes Dalwa Bangil Sebagai Penyelamat Aqidah Para Pemuda Al Ba'alawi

    HarianUmmat.com
    , Sabtu, Mei 29, 2021 WIB Last Updated 2021-05-29T03:10:05Z


    HB HASAN BIN AHMAD BAHARUN PIMPINAN PONPES DALWA BANGIL SEBAGAI PENYELAMAT AQIDAH PARA  PEMUDA AL BA'ALAWI.


    HARIAN UMMAT ■ Ketika Hb Anis bin Alwi Al Habsyi Solo datang ke kota Bangil dalam rangka ta'ziyah atas meninggalnya Hb Hasan bin Ahmad Baharun di ponpes DALWA Bangil,  beliau singgah ke rumah Hb Jadid bin Hasan Asegaf di desa kersikan Bangil. 

    Hb Anis bin Alwi Al Habsyi Solo berkata bahwa ; Hb Hasan bin Ahmad Baharun Bangil  ketika di masa hidupnya sebagai Ulama'  penyelamat aqidah para pemuda Al Ba'alawi, di mana saat itu Hb Hasan Baharun menyaksikan sendiri, banyak di antara para pemuda Al Ba'alawi yang di kirim ke negara Majusi Iran, untuk di jadikan misionaris Syiah. 

    Hal itu membuat hati Hb Hasan bin Ahmad Baharun menjadi resah, sehingga beliau bermusyawarah dengan banyak tokoh Ulama' Habaib di jawa, di antaranya dengan Hb Anis bin Alwi Al Habsyi Solo.

    Kemudian Hb Anis bin Alwi Al Habsyi  Solo memberi saran kepada Hb Hasan bin Ahmad Baharun untuk menemui Hb Abdul Qadir bin Ahmad Asegaf di Jedah Saudi Arabia.

    setelah sampai ke Hb Abdul Qadir bin Ahmad Jedah, maka Hb Hasan bin Ahmad Baharun di pertemukan dengan Hb Umar bin Hafidz dari Hadramaut di Jedah Saudi Arabiyah.

    Dari hasil pertemuan tersebut terjadilah kesepakatan hubungan kedua Ulama', antara Ulama' Bangil dengan Ulama' Hadramaut Yaman,.

    Sehingga terjadilah pengiriman pertama 50 santri dari ponpes DALWA ke Hadra maut guna melanjutkan belajar menuntut ilmu di negeri Al Ba'alawi sebagai pusat Ahlu Sunnah Wal Jamaah.

    Berikutnya terus terjadi pengiriman para santri dari Indonesia ke negeri Yaman Hadramaut, sehingga banyak melahirkan Ulama' muda Ahlu Sunnah Wal Jamaah yang tersebar di bumi Indonesia, dan kepulangan para santri pertama di antar sendiri oleh Hb Umar bin Hafidz. 

    Dengan demikian Hb Hasan bin Ahmad Baharun di sebut oleh Hb Anis bin Alwi bin Ali Al Habsyi Solo sebagai penyelamat Aqidah  para pemuda Al Ba'alawi dan sebagai pembuka hubungan Hadramaut ke dua yang selama ini terputus, akibat pengaruh poitik dalam negeri Yaman.

    Semoga cahaya Ulama' dari Bangil terus menerangi bumi Ahlu Sunnah Wal Jamaah  ke seluruh Indonesia..Aaamiin.

    sumber: Faktakini.info

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    BERITA TERBARU