-->
  • Jelajahi

    Copyright © HarianUmmat.com | BERITA ISLAM INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KRIMINAL

    Menaker: Santri Harus Memperkuat Diri dengan Penguasaan Teknologi dan Informasi

    HarianUmmat.com
    Senin, Februari 07, 2022, 01:15 WIB Last Updated 2022-02-06T18:15:51Z

    HarianUmmat.Com,  JOMBANG Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, meminta kalangan santri agar memperkuat diri dengan keterampilan bidang teknologi dan informasi, untuk membangun kehidupan yang mandiri, serta menjadi alat pendukung dalam berdakwah.

    Menurut Ida, kemajuan teknologi dan informasi telah membuka ruang baru dalam berdakwah. Oleh karenanya, para santri harus mampu memanfaatkan ruang tersebut sebagai salah satu media dakwah.

    Selain berdakwah, kemajuan teknologi dan informasi juga harus dimanfaatkan untuk mengembangkan keterampilan diri. Mengingat jenis pekerjaan di masa depan sangat berkaitan dengan teknologi dan informasi.

    "Ini tantangan kita. Karena kemajuan teknologi tidak menunggu orang tidak siap. Kemajuan teknologi mengharuskan kita selalu siap," ujar Ida pada cara Wisuda Amtsilati di Pondok Pesantren As-Sa'idiyyah 2 Bahrul Ulum, Jombang, pada Minggu (6/2/2022).

    Ida menuturkan, untuk membantu para santri memiliki keterampilan yang mumpuni, pihaknya telah membangun program BLK Komunitas, sebuah lembaga pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga pendidikan keagamaan nonpemerintah seperti pesantren.

    "Sejak 2017 hingga 2020, Kemnaker telah membangun 2.127 BLK Komunitas yang melatih masyarakat dengan berbagai kejuruan dan program pelatihan. Saat ini, cakupan program BLK Komunitas telah diperluas dengan melibatkan Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB)," tutur Ida.

    Ida mengatakan, penguatan keterampilan khususnya di bidang teknologi dan informasi mutlak diperlukan. Karena perubahan dunia kerja semakin cepat akibat era digitalisasi dan pandemi COVID-19. 

    "Kuasai teknologi dan informasi, kalau tidak, kita ketinggalan zaman," pungkas Ida Fauziyah. (rl)
    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS