-->
  • Jelajahi

    Copyright © HarianUmmat.com | BERITA ISLAM INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KRIMINAL

    Festival Bedug Bakal Meramaikan Malam Idulfitri 1443 H di JIS

    HarianUmmat.com
    Jumat, April 29, 2022, 12:01 WIB Last Updated 2022-04-29T05:01:48Z

    HARIAN UMMAT, JAKARTA | Malam Idulfitri 1443 H di Jakarta bakal makin semarak. Pasalnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan Festival Bedug Tahun 2022 di Jakarta International Stadium (JIS) saat malam takbiran.

    Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini mengatakan, festival ini nantinya akan menampilkan kreasi bedug takbir dari masing-masing wilayah kota dan Kepulauan Seribu.

    “Festival itu menampilkan kreasi bedug takbir dari masing-masing wilayah kota dan Pulau Seribu. Lokasinya nanti di Ramp Barat (JIS),” kata Aceng kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

    Satu tim dari wilayah kota akan terdiri dari lima sampai tujuh orang. Festival ini akan dilaksanakan mulai pukul 19.30 hingga 22.00 WIB.

    “Mereka tampil kreasi tampil bedug itu, mereka punya gaya nabuh bedug seperti apa diiringi takbir,” kata Aceng.

    Aceng mengatakan, dalam rangka menyemarakkan malam takbiran. Tidak ada penilaian dalam festival ini, melainkan hanya menampilan kreativitas atau kreasi dari masing-masing wilayah.

    Pelaksanaan Festival Bedug tetap digelar terbatas dengan kapasitas pengunjung maksimal 3.000 orang.

    Pintu masuk JIS yang akan dibuka hanya wilayah ramp barat untuk menuju Festival Bedung. “Satu pintu doang. kalau Idul Fitri kan dibuka dari seluruh pintunya,” ungkapnya.

    Bagi peserta yang hadir menonton acara tersebut, Aceng mengimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

    Warga juga diminta tidak membawa makanan dan minuman ke dalam area Festival Bedung. Nantinya akan ada minuman yang disediakan di lokasi.

    “Enggak boleh ada makanan. Pengiring boleh dibawa dari masing-masing wilayah kota,” ucap dia.

    Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, Pemprov DKI mengimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

    Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini sebagai implementasi dari arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menghadirkan ruang publik atau ruang ketiga di JIS. Selain itu, salat Ied dilaksanakan di JIS atas permintaan warga.

    "Wujud kehadiran JIS ini lebih dari sekadar stadion olahraga. JIS bisa digunakan untuk mendukung kegiatan keagamaan dengan penyelenggaraan salat Idulfitri. Ditambah lagi, corak lantainya membentuk saf salat dan menghadap kiblat. Selain itu, JIS juga bisa dipakai mendukung kegiatan kebudayaan dengan penyelenggaraan malam takbiran berupa atraksi bedug. Masyarakat bisa saling berinteraksi dalam kegiatan apapun di JIS sebagai ruang ketiga,” ujar Marullah di Balai Kota Jakarta, pada Kamis (28/04/2022).

    Mengingat JIS merupakan green building, maka masyarakat diimbau untuk berperilaku peduli terhadap lingkungan. Tidak membawa kemasan makan/minum sekali pakai, membawa tumbler minum sendiri, membawa kantong ramah lingkungan untuk sandal/sepatu, dan tidak membawa koran agar tidak menjadi sampah setelah salat.

    Lebih lanjut, Marullah menerangkan, peserta Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran berasal dari lima wilayah Kota Administrasi di Jakarta. Adapun lokasi yang akan digunakan untuk Festival Tabuh Bedug Malam Takbiran dan shalat Idulfitri adalah di ramp barat dan concourse selatan. Disiapkan alternatif indoor jika hujan. Masyarakat juga diimbau tidak berkeliling di area dalam JIS dan dapat langsung pulang ke rumah masing-masing setelah kegiatan untuk mengurangi kerumunan.

    Berbagai infrastruktur untuk mendukung salat Idulfitri di JIS juga sudah disiapkan, seperti tempat wudu, tempat parkir, dan toilet. Kendati telah disediakan tempat wudu, disarankan wudu dari rumah agar mengurangi antrean dan shalat dapat dimulai tepat waktu.

    “Masyarakat juga diharapkan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khotbah Idulfitri secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan ini. Mari senantiasa menjaga prokes selama kegiatan #LebaranDiJakarta. Semoga perayaan kemenangan di Jakarta ini dapat berjalan aman dan nyaman,” tutur Marullah.

    Lantaran tempat parkir jumlahnya terbatas, Pemprov DKI mengimbau agar masyarakat menggunakan transportasi publik ke JIS. Terdapat sejumlah transportasi publik yang memiliki rute ke JIS, yakni: Transjakarta JIS 014 (Senen – JIS), Transjakarta JIS 003 (Harmoni – JIS), Non BRT 10K (Tanjung Priok – Senen via Taman BMW), JAK 77 (Tanjung Priok – Jembatan Hitam). (*)

    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS