-->
  • Jelajahi

    Copyright © HarianUmmat.com | BERITA ISLAM INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KRIMINAL

    Santri Ponpes Al Amin Sukabumi Rayakan HSN 2021

    HarianUmmat.com
    Kamis, Oktober 21, 2021, 23:06 WIB Last Updated 2021-10-21T16:06:53Z
     

    HARIAN UMMAT ■ Setiap tanggal 22 Oktober seluruh santri di Indonesia akan memperingati Hari Santri Nasional. Pada tahun ini, peringatan Hari Santri Nasional kembali dirayakan, termasuk santri Pondok pesantren Al Amin Cicurug, Sukabumi. 

    Pada peringatan Hari Santri Nasional 2021, Kementerian Agama RI mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga”.  Tema tersebut memiliki makna bahwa santri di seluruh Indonesia harus selalu siap siaga untuk menyerahkan jiwa dan raga guna membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

    “Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, seperti disitat laman kemenag.go.id 

    Pengangkatan tema tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari sejarah yang melatarbelakangi perayaan Hari Santri Nasional. Dipilih menjadi tanggal perayaan Hari Santri Nasional karena KH. Hasyim Asy’ari menyerukan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945.

    Isi dari Resolusi Jihad tersebut, adalah pernyataan bahwa berjuang demi kemerdekaan Indonesia hukumnya Fardhu’ Ain atau wajib bagi semua orang. Atas dasar Resolusi Jihad tersebut, banyak santri yang turun langsung melakukan jihad guna melawan upaya tentara sekutu untuk mengambil alih Indonesia pada periode Revolusi Fisik 1945-1949.

    Yaqut Cholil Qoumas juga menegaskan supaya Hari Santri Nasional 2021 menjadi momen bagi para santri untuk selalu berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Dengan memegang nilai-nilai tersebut, para santri harapannya tidak mudah goyah ketika diterjang godaan ideologi-ideologi tertentu yang berpotensi merusak moral.

    Menyambut Hari Santri 2021, Pondok pesantren Al Amin Cicurug, Sukabumi menggelar rangkaian kegiatan hari santri nasional. 

    Sejak kemarin, para santri antusias merayakan HSN 2021 tersebut dengan mengikuti berbagai aneka lomba keilmuan. Bahkan, saking banyaknya agenda lomba, suasana adu kecerdasaan keilmuan ala santri digelar hingga malam hari.

    Pondok pesantren Al Amin berusaha menjadikan pondok pesantren berkemampuan membangun insan yang bertaqwa, berbudi pekerti luhur, berkompetensi dan berwawasan global dalam membangun negara yang 'baldatun toyyibun warobbun ghofur.

    Selamat Hari Santri 2021  

    #Harisantri2021
    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS