-->
  • Jelajahi

    Copyright © HarianUmmat.com | BERITA ISLAM INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KRIMINAL

    Masjid Pertama NU di Kota Koga Jepang Diresmikan

    HarianUmmat.com
    Rabu, Juli 21, 2021, 12:40 WIB Last Updated 2021-07-21T05:40:37Z

    HARIAN UMMAT ■ Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi meresmikan Masjib At Takwa, masjid pertama Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Koga, Prefektur Ibaraki, Jepang.  

    Peresmian masjid itu dilakukan  bertepatan dengan Hari Raya Iduladha 1442 H, pada Selasa (20/7). 

    Sebagaimana keterangan KBRI Tokyo yang diterima di Jakarta, Rabu (20/7), peresmian masjid itu juga dirangkaikan dengan peresmian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Indonesia di Jepang. 

    Dubes Heri dalam kesempatan itu didampingi Atase Pendidikan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno dan Ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Miftahul Huda. 

    Heri dalam sambutannya mengatakan organisasi yang baik adalah yang membela negaranya.  

    Dia menegaskan bahwa NU sudah menjalankan peran organisasi yang baik sejak masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

    Heri menuturkan adanya masjid NU di Jepang ini dapat makin memperkukuh persatuan warga negara Indonesia di sana.  

    “Seperti halnya lagu 'Yaa Lal Wathan' karya KH Wahab Chasbullah yang berisi semangat cinta tanah air dan kerap terdengar di berbagai acara-acara besar NU," ujar Heri.

    Dalam kesempatan yang sama, Dubes Heri juga meresmikan PKBM Indonesia di Masjid At Takwa tersebut. Heri menuturkan selain tempat ibadah, masjid ini bisa digunakan untuk ruang belajar PKBM. 

    “Ini adalah upaya kami agar putra dan putri WNI di Jepang tidak kehilangan jati diri kebangsaan," ucap Heri. 

    PKBM adalah kegiatan pelayanan pendidikan dasar menengah dan kursus-kursus lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. 

    Peserta PKBM akan memperoleh tiga mata pelajaran utama, yaitu pendidikan agama dan budi pekerti, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, serta bahasa Indonesia. 

    Para peserta PKBM juga dapat ikut serta dalam Program Kejar Paket A, B, dan C. Miftahul Huda mengapresiasi perhatian Dubes RI terhadap organisasi NU di Jepang melalui peresmian Masjid NU At Takwa dan PKBM. 

    Dia menyampaikan bahwa PCINU Jepang berkomitmen untuk tetap konsisten menjadi pemersatu semua kelompok WNI di Jepang. (antara/HU) 

    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS