-->
  • Jelajahi

    Copyright © HarianUmmat.com | BERITA ISLAM INDONESIA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Masyarakat Desa Suka Manis Bangun Masjid Secara Swadaya

    HarianUmmat.com
    , Minggu, Mei 23, 2021 WIB Last Updated 2021-05-23T06:57:08Z

    Harian Ummat ■ Tradisi gotong-royong masih melekat dan dipelihara oleh Warga Dusun 1 Desa Suka Manis, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI, Provinsi Sumatera Selatan.

    Kebersamaan itu terlihat saat proses pembangunan Masjid Nurul Taqwa terlihat Warga kompak mengumpulkan dana digalang melalui swadaya masyarakat.

    Menurut Iwan Subroto Kepala Desa Suka Manis, pembangunan masjid ini sudah sejak lama diimpikan oleh masyarakat, Karena masjid yang lama sudah kurang layak.

    " Masjid yang lama tidak layak lagi untuk melakukan aktivitas ibadah, sehingga masyarakat berinisiatif untuk membangun masjid yang baru," kata Iwan Subroto, pada Minggu (23/5/2021).

    Dirinya sedikit bercerita terkait pembangunan Masjid Nurul Taqwa ini tidak ada dana sama sekali melainkan atas Swadaya masyarakat yang berkeinginan memiliki tempat ibadah yang layak seperti Desa lain.

    " Awalnya kita musyawarah bersama masyarakat atas perencanaan pembuatan masjid ini, dan Alhamdulilah material Meskipun masih banyak yang kurang, tapi perlahan sudah mulai terkumpul," Ujarnya.


    Dia menyebut, pembangunan masjid ini baru saja dimulai berjalan secara perlahan dana dikumpulkan selain dari hasil swadaya masyarakat setempat juga diharapkan ada Galang dana dari para para donatur.

    Menurutnya, jika hanya mengandalkan iuran masyarakat setempat yang notabennya petani tidak cukup dalam pembangunan masjid tersebut. Sehingga pihaknya mengambil langkah keluar jemput bola jika ada Darmawan yang ingin membantu.

    Kepala Desa Suka Manis sejauh ini belum bisa merincikan biaya dari pembangunan Masjid Nurul Taqwa hingga selesai, namun meskipun demikian, dia menafsirkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

    Untuk itu pihaknya berharap bagi para donatur yang peduli pembangunan Masjid Nurul Taqwa agar bisa menyalurkan bantuannya, baik datang secara langsung maupun melalui nomor kontak yang telah disediakan panitia.

    "Jika ada donatur yang peduli pembangunan Masjid Nurul Taqwa selain bisa datang langsung ke panitia, juga bisa menghubungi langsung kontak saya, atau nomor kontak panitia Masjid," Jelas Iwan Subroto.

    Warga sekitar juga memiliki tujuan yang mulia, ketika pembangunan Masjid Nurul Taqwa di Dusun 1 Desa Suka Manis itu sudah selesai, selain tempat ibadah sholat, juga Masjid tersebut dijadikan tempat untuk anak didik belajar TPQ.

    "Karena di dusun kami, anak-anak yang masih usia belajar TPQ jam 3 sore masih kebanyakan main. Sehingga disini jajaran ketakmiran punya usul, untuk menempatkan anak-anak bagaimana bisa memakmurkan masjid lewat sarana TPQ," tandasnya.

    Laporan: Riyan Wijaya
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    BERITA TERBARU